Di SD TQ Muhammad Al Fatih, kami memahami pentingnya keterampilan hidup selain pelajaran akademik. Oleh karena itu, kami memperkenalkan Program Market Day yang bertujuan untuk mengenalkan siswa pada konsep kewirausahaan dan mengembangkan keterampilan bisnis sejak usia dini. Program ini memberikan pengalaman langsung kepada siswa untuk menjalankan kegiatan jual beli dalam sebuah pasar yang disimulasikan.
Tujuan Program Market Day
Program Market Day di SD TQ Muhammad Al Fatih bertujuan untuk:
1. Mengajarkan Kewirausahaan: Memberikan pengalaman praktis tentang bagaimana menjalankan bisnis, mulai dari perencanaan, pemasaran, hingga pengelolaan uang.
2. Mengembangkan Kreativitas dan Inovasi: Siswa didorong untuk berpikir kreatif dalam memilih produk yang akan dijual, merancang konsep penjualan, dan mengatur stan mereka.
3. Membangun Kerjasama Tim: Dalam menjalankan program ini, siswa akan bekerja dalam kelompok untuk menjalankan bisnis mereka, yang mengajarkan mereka pentingnya kerjasama.
4. Menumbuhkan Keterampilan Sosial: Program ini melatih siswa untuk berinteraksi dengan orang lain, berbicara dengan pelanggan, dan menangani transaksi secara langsung.
5. Membangun Rasa Percaya Diri: Dengan pengalaman ini, siswa belajar untuk tampil di depan umum dan mengelola kegiatan mereka dengan percaya diri.
Manfaat Program Market Day
Program Market Day memberikan banyak manfaat bagi siswa, antara lain:
1. Pengembangan Keterampilan Bisnis: Siswa mendapatkan pemahaman langsung tentang dasar-dasar berbisnis, seperti manajemen uang, pemasaran, dan pengelolaan produk.
2. Peningkatan Keterampilan Sosial: Berinteraksi dengan pelanggan dan bekerja dalam kelompok mengajarkan siswa cara berkomunikasi dengan baik dan bekerjasama.
3. Peningkatan Kepercayaan Diri: Dengan berjualan di pasar, siswa belajar untuk berbicara di depan umum dan menangani pelanggan dengan percaya diri.
4. Membangun Etika Kerja: Program ini menanamkan nilai disiplin, tanggung jawab, dan ketekunan kepada siswa, yang sangat berguna dalam kehidupan mereka kelak.
0 Komentar